Jumat, 09 Oktober 2015

PASAR MONOPOLISTIK



Pasar Monopolistik

Pasar monopolistik adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spesifikasi barangnya. Sedangkan unsur persaingan pada banyak penjual yang menjual produk yang sejenis.

Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
1. Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
2. Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
3. Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya                                                        
    sendiri.
4. Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan
    promosi/iklan.
5. Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.

Kelebihan pasar monopolistik :
1. Banyaknya produsen di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen
   untuk dapat memilih produk yang terbaik baginya.
2. Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu
    melakukan inovasi dalam menghasilkan produknya.
3. Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam
    menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen
    loyal terhadap produk yang dipilihnya.
4. Pasar ini relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar
    kebutuhan sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.
5. Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar
6. Mempunyai kekuasaan mempengaruhi harga

Kelemahan pasar monopolistik :
1. Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi  
   harga, kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki
   modal dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
2. Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar
   monopolistik, karena pemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis
    yang cukup tinggi.
3. Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan
   meningkatkan biaya produksi & promosi  yang akan berimbas pada harga
   produk yang harus dibayar oleh konsumen

CONTOH PRODUCT DI PASAR MONOPOLISTIK :
HANDPHONE




Tidak ada komentar:

Posting Komentar